Pengertian Dari PHP

Selamat Siang Semua 🙂 Selamat Datang di Blog Taufiq Rahman Di siang hari ini saya akan membagikan artikel yang mempunyai judul ” Pengertian Dari Php ” Semoga artikel saya yang akan saya tulis dan saya bagikan kali ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda dan dapat bermanfaat untuk anda 🙂 Silahkan Dibaca

Bagaimana kabar anda di siang hari ini? Semoga selalu sehat saja 🙂 Di kesempatan yang lalu saya sudah membagikan beberapa artikel seperti Pengertian Dari HTML , Pengertian Dari Algoritma Dan Cara Deface Website Menggunakan Webdav Kali ini saya akan menulis artikel seputar Bahasa Pemrograman yaitu Bahasa Pemrograman Php. PHP yang akan saya bahas kali ini bukanlah PHP bahasa gaul yang sedang tren saat ini yaitu Pemberi Harapan Palsu, Namun yang kali ini saya bagikan adalah PHP yang mengenai bahasa pemrograman pada komputer 🙂 Silahkan disimak pembahasan saya berikut ini.

Apa Pengertian PHP ? PHP adalah sebuah kepanjangan dari Hypertext Preprocessor, PHP Atau Hypertext Preprocessor ialah sebuah bahasa pemrograman yang berupa kode atau script yang bisa ditambahkan ke dalam Bahasa Pemrograman HTML , PHP itu sendiri sering kali digunakan untuk hal merancang, membuat dan juga memprogram sebuah website. PHP juga sangat sering digunakan untuk membuat sebuah ataupun beberapa CMS, CMS ialah sebuah software atau perangkat lunak yang mempunyai kegunaan untuk memanipulasi semua atau beberapa isi dari sebuah halaman website.

PHP digunakan dan dijalankan di sebuah halaman website untuk mengolah isi data dari website tersebut yang akan dilihat oleh para pengunjung dari website tersebut. PHP dengan HTML diibaratkan sebagai 2 komponen yang saling bekerja sama dan menyatu yang tidak dapat dipisahkan, Mengapa begitu? Karena kedua bahasa pemrograman ini yaitu PHP dan HTML saling melengkapi semua data dan isi dari suatu website. Script yang terdiri dari komponen PHP menyatu dengan Script HTML. PHP mempunyai kegunaan juga untuk membuat sebuah halaman utama atau homepage dari sebuah website menjadi lebih bagus dan bersifat dinamis serta elegan. Hasil survey dari beberapa web developer indonesia, mereka mengatakan bahwa PHP adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan pada tahun ini. Salah satu program dari database yang sangat membutuhkan Bahasa Pemrograman PHP ini adalah Program Database MySql. Mengapa MySql sangat membutuhkan PHP ? Hal ini dikarenakan Bahasa Pemrograman PHP dapat memudahkan si Web Developer yang menggunakan MySql untuk melihat informasi detail mengenai Website nya dan data-data pengunjung serta data-data lainnya secara otomatis akan disimpan di dalam Database. PHP sendiri bisa juga digunakan untuk Membuat Game di website

PHP

PHP juga merupakan salah satu Bahasa Pemrograman yang masih baru dan mungkin saja masih akan ada pengembangan dari Bahasa Pemrograman ini. Pada Awal kehadirannya Bahasa Pemrograman PHP ini bukanlah kepanjangan dari Hypertext Preprocessor akan tetapi masih mempunyai kepanjangan Personal Home Page, Namun seiring berjalannya waktu Kepanjangan PHP itu diganti dan diperbaharui oleh pembuat bahasa pemrograman ini. Pembuat dan Pengembang Bahasa Pemrograman PHP adalah Seorang Programmer Laki-laki yang menempat dan lahir di Denmark, Programmer ini bernama Rasmus Lerdorf yang lahir pada tahun 1968 tepatnya pada 22 November 1968. Bahasa Pemrograman PHP dibuat dan dikembangkan oleh Rasmus Lerdof pada awal tahun 1995. Sebelum menjadi seperti sekarang ini, PHP dahulu masih bernama FI atau Form Interpreted, Script atau Kode yang mempunyai kegunaan untuk menyunting data data formulir dari sebuah website. Lalu seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman Nama FI Diubah Menjadi PHP, dan si pembuat bahasa pemrograman php mengubah php menjadi sumber terbuka, dan setiap programmer yang tertarik dengan Bahasa PHP dapat ikut mengembangkan Bahasa Pemrograman PHP ini. Pada Tahun 1997 Bahasa Pemrograman PHP dapat kemajuan yang berdampak meningkatkan kemampuan Bahasa Pemrograman PHP ini menjadi lebih baik dan bagus. Berikut ini akan saya jelaskan lagi lebih lengkap semua sejarah mengenai Bahasa Pemrograman ini, Sejarah PHP Adalah akan saya bagikan beberapa sejarahnya sebagai berikut, Diantaranya :

  1. Di Tahun 1997, PHP Mengembangkan interpreter dari PHP yang bisa digunakan kedalam Program C.
  2. Di Tahun 1997, Sebuah Perusahaan yang mempunyai nama Zend menyunting secara ulang interpreter dari PHP itu dan membuatnya menjadi lebih bagus lagi dan lebih cepat.
  3. Di Tahun 1999, Perusahaan Zend tersebut membuat dan mengembangkan Versi Bahasa Pemrograman PHP yang terbaru yaitu PHP Versi 4.
  4. Dan Di Tahun 2009 Lalu, PHP kembali mengembangkan versi paling barunya yaitu PHP Versi 5.

Itulah 4 sejarah lengkap mengenai Bahasa Pemrograman PHP ini yang sudah saya tulis dan bagikan untuk anda, Selanjutnya saya akan Membagikan beberapa kelebihan Bahasa Pemrograman PHP dibandingkan dengan Bahasa Pemrograman Komputer yang lain, Diantaranya sebagai berikut :

  • Sangat Banyak Server-server website yang mendukung bahasa pemrograman PHP ini karena fungsinya yang bagus.
  • Bahasa Pemrograman PHP dapat digunakan dengan mudah oleh setiap Web Developer dikarenakan script dan kode-kode Bahasa PHP ini sangat mudah dipahami.
  • PHP merupakan Bahasa Pemrograman yang tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan sebuah kompilasi didalam penggunannya.
  • PHP adalah Bahasa Pemrograman Komputer yang sering dan memiliki banyak refrensi dari segala sumber.
  • Bahasa Pemrograman PHP Bersifat Sumber Terbuka yaitu dapat digunakan di segala jenis mesin Seperti Unix, Windows, Linux, DLL.
  • Bahasa Pemrograman PHP Dapat menjalankan sebuah ataupun beberapa perintah dari suatu sistem.
  • PHP dapat dijalankan dan digunakan secara runtime melalui sebuah konsol.

Itulah beberapa kelebihan bahasa pemrograman php ini dibandingkan bahasa pemrograman lainnya yang sudah saya berikan kepada anda dan hal ini sekaligus akhir dari pembahasan saya di artikel kali ini 🙂

Sekian Dari saya untuk artikel saya yang kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda 😀 Anda juga dapat membaca artikel Cara Membuat Cheat Game Dan Pengertian DMCA 🙂

Baca Artikel mengenai komputer dan lainnya di Daftar Isi Blog 😉 Terimakasih untuk anda karena sudah membaca artikel yang ini. Silahkan Tinggalkan Komentar anda 😀

Pos ini dipublikasikan di Cyber, Informasi, Internet, Komputer. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengertian Dari PHP

  1. adilkazuto berkata:

    mantep bro penjelasannya, Ditunggu artikel lainnya.. btw… kalo arti dari “di-PHP ama pacar” apaan ya artinya? :v

    Suka

Tinggalkan komentar