Pengertian Alexa

Selamat Sore semua ๐Ÿ™‚ Selamat Datang Kembali Di Blog Taufiq Rahmanย Di Sore hari yang berawan ini saya akan membagikan artikel yang sangat spesial ๐Ÿ˜€ Mengapa Spesial ? Karena Artikel yang akan saya bagikan ini merupakan Artikel yang ke 40 dari Blog Taufiq Rahman ini, Artikel yang akan saya tulis dan saya bagikan kepada anda semua berjudul ” Pengertian Alexaย ” Semoga artikel yang saya tulis ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda ๐Ÿ™‚ Selamat Membaca ๐Ÿ™‚

Mengapa Situs Alexa yang dijadikan bahan pembahasan kali ini ? Karena menurut saya ini adalah topik pembahasan yang sangat menarik dan juga masih banyak mungkin para pengunjung Blog Taufiq Rahmanย yang belum mengetahui lebih dalam mengenai Situs Alexa. Oleh karena hal itu saya akan membagikan artikel ini untuk anda ๐Ÿ™‚

Apa Itu Alexa ? Alexa adalah sebuah situs yang menyajikan data-data pengunjung dari suatu situs ataupun blog. Alexa didirikan dan diresmikan menjadi perusahaan pada tahun 1996, Alexa merupakan perusahaan yang masih merupakan partner dari Situs perusahaan toko internet/toko online terbesar di Dunia, Yaitu Amazon. Alexa didirikan oleh Bruce Giliat dan Brewster Kahle. Asal mula nama dan kata ” Alexa ” Sendiri sebenarnya berawal dari sebuah perpustakaan yang besar yang terdapat di California, Perpustakaan ini bernama ” Alexandria “. Alexa adalah situs besar yang sudah dikenal oleh para web developper yang berguna untuk memberi peringkat kepada suatu situs lain ataupun blog dan juga menyediakan data-data trafik pengunjung dari Blog Tersebut. Alexa memudahkan para web developper dan blogger untuk menganalisa dan melihat seberapakah peringkat Blog nya yang telah diberikan oleh Alexa ini.

unduhan

Semakin kecil peringkat pada suatu situs atau blog maka situs atau blog tersebut sangat bagus dan memiliki reputasi yang bagus di Alexaย Dan Sebaliknya jika peringkat suatu situs tersebut atau blog tersebut semakin besar/tinggi maka Situs ataupun Blog tersebut merupakan situs yang jelek dan mempunyai reputasi yang sangat buruk di mata alexa. Maka dari itu banyak para web developper dan para blogger yang berlomba-lomba dan saling bersaing untuk mendapatkan peringkat yang rendah di Alexa. Perlu anda ingat, Semakin kecil peringkat situs itu di Alexa, Justru semakin bagus. Karena situs tersebut lah yang memiliki peringkat bagus di Alexa. Sekarang saya akan membagikan cara untuk mengetahui peringkat suatu situs di Alexa. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Kunjungi Situs Resmi Alexa di Alexa.Com
  2. Cari dan Lihat Kolom ” Enter A Site ” Yang terdapat pada homepage/halaman utama situs Alexa.
  3. masukkan url/link/alamat dari situs tersebut di Kolom ” Enter A Site ” Tetapi masukkan url nya jangan menggunakan www, cukup url situs nya saja. ( Contoh : rahman371DOTwordpressDOTcom ) Ganti huruf DOT dengan titik.
  4. Setelah itu klik ” Go “
  5. Tunggu Loading nya selesai, dan peringkat alexa akan diberitahukan disitu. Jika Situs tersebut belum mempunyai peringkat pada Alexa, Berarti Owner/pemilik situs tersebut belum memverifikasi situs nya dan belum mempunyai akun alexa.

Jika anda belum mempunyai akun Alexa dan ingin mempunyai akun Alexa, maka di Artikel yang satu ini saya juga akan membahas cara mendaftar atau membuat akun baru di Alexa, Diantaranya Sebagai Berikut :

  1. Kunjungi dan Buka Situs Resmi Alexa di Alexa.Com
  2. Cari Dan Lihat kolom ” Create An Account ” Di Sebelah kanan atas halaman utama situs alexa.
  3. Klik Kolom ” Create An Account ” Tersebut.
  4. Dan Masukkan Alamat Email Anda disitu.
  5. Setelah itu anda klik ” Join ” Dan periksa alamat email anda, Admin dari situs alexa akan mengirimkan email konfirmasi akun ke dalam kotak masuk di Email anda. Jadi pastikan email yang anda pakai untuk membuat akun baru di Alexa adalah Email Aktif dan Valid.
  6. Setelah itu anda sudah berhasil membuat akun di Alexa. Lalu anda tinggal memverifikasi situs anda ke Alexa dengan cara memasang widget toolbar Alexa pada situs ataupun blog anda di Alexa Widget
  7. Setelah anda pasang widget toolbar tersebut di Situs atau blog anda maka alexa secara perlahan tapi pasti akan memberikan peringkat pada situs atau blog anda.

Itulah cara membuat akun baru di Alexa, selanjutnya saya akan membahas pentingnya mempunyai peringkat di alexa.

Alexa

Sebenarnya Peringkat situs dari Alexa merupakan hal yang sangat amat penting untuk seorang blogger ataupun web developper. Mengapa Sangat Penting ? Karena Peringkat di Alexa sangat menentukan kualitas dari sebuah situs/blog tanpa ada alexa para pengunjung blog tersebut tidak akan tahu apakah blog yang mereka kunjungi mempunyai artikel yang berkualitas atau tidak, Dan juga jika sebuah situs/blog tidak mempunyai Peringkat di Alexa, Tidak akan lengkap blog itu karena alexa lah yang menjadi tolak ukur dari Blog atau situs tersebut. Alexa menilai suatu situs dari trafik pengunjung dari suatu situs tersebut jika pengunjung pada blog tersebut banyak dan stabil sudah jelas dan pasti maka Peringkat Alexa pada situs tersebut akan bagus, dan jika pengunjung pada blog tersebut sedikit, Peringkat Alexa untuk situs tersebut akan kurang bagus bahkan bisa dibilang buruk. Selain dari jumlah pengunjung situs tersebut Alexa juga menilai dari seberapa banyakkah Situs itu mempunyai tautan atau sponsor dari situs lain. Oleh karena itu Sponsor akan sangat berperan penting di dalam kemajuan suatu situs dan peringkat alexa yang bagus. Di Blog Taufiq Rahman ini juga mempunyai Sponsor, Anda bisa melihat sponsor Blog Taufiq Rahman ini di Halaman Sponsor Taufiq Rahman.

Saat artikel mengenai Alexa ini saya buat, Ada beberapa situs yang mempunyai peringkat paling bagus di Alexa. Situs-situs tersebut diantaranya.

  1. Google
  2. Facebook
  3. Youtube
  4. Yahoo
  5. Baidu
  6. Wikipedia
  7. Twitter
  8. Amazon
  9. QQ
  10. Linkedin

Itulah 10 Situs yang mempunyai peringkat paling bagus di Alexa diantara situs-situs lainnya. Sebenarnya saya sebagai pemilik sekaligus penulis di Blog Taufiq Rahman ini juga sangat berharap kelak nanti Blog saya ini menjadi salah satu dari 10 besar situs yang mempunyai peringkat paling bagus di Alexa ๐Ÿ™‚ Semoga saja bisa kesampaian ๐Ÿ˜€

Dan kali ini saya akan membagikan beberapa cara dari saya untuk membuat situs / blog anda mempunyai peringkat alexa yang bagus. Cara-cara nya sebagai berikut :

  • Sering dan Rajin-rajin lah membagikan dan memperbaharui artikel yang terdapat di Blog anda, Karena cara yang satu ini yang sangat ampuh untuk memperbagus peringkat blog anda di Alexa.
  • Usahakan Agar Blog Anda cepat diakses dan tidak lambat, Ya Cara yang ini merupakan kunci utama untuk memperbagus peringkat di Alexa. Cara ini saya dapatkan dari Guru SEO saya ๐Ÿ˜€ yang sekarang sudah pensiun di Dunia Blog. Sama seperti Blog saya ini yaitu Blog Taufiq Rahman, saya tidak memasang widget macam-macam dan script java aneh-aneh di Blog saya dikarenakan hal ini. Semakin Banyak Widget yang ada dari Suatu Situs maka Situs tersebut lambat ketika diakses.
  • Gunakanlah Template Situs/Blog yang sederhana dan tidak merusak mata, Sama hal nya dengan Blog Taufiq Rahman ini yang hanya menggunakan template warna dasar putih dan tulisan berwarna hitam. Saya memasang template sederhana ini agar mata para pengunjung saya tidak rusak, dan juga kata Guru-guru SEO pendahulu saya, Dengan menggunakan Template Sederhana sangat disukai oleh BOT Mesin Pencari, Termasuk Mesin Pencari Google
  • Jadikan situs / blog anda SEO On Page dan SEO Off Page.
  • Carilah ratusan backlink yang menaut kedalam situs anda agar mempercepat situs anda diberikan peringkat alexa yang bagus. Sebenarnya anda jangan hanya mencari Backlink Dofollow saja karena Backlink Nofollow juga sangat dibutuhkan di Blog anda.

Itulah beberapa cara dari saya untuk memperbagus Peringkat Alexa di Situs anda. Cara diatas itu sekaligus penutup dari Artikel dan Pembahasan saya kali ini ๐Ÿ™‚ Semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda ๐Ÿ˜€ Anda juga dapat membaca Artikel saya lainnya seperti Cara Membuat Blogย Dan juga Cara Mempercepat Internet

Atau Anda bisa cari artikel-artikel unik lainnya di Daftar Isi Blogย ๐Ÿ™‚ Kunjungi Terus Blog Taufiq Rahman ini ya, Karena setiap hari akan selalu membuat artikel-artikel menarik lainnya ๐Ÿ™‚
Terimakasih Sudah Membaca Artikel saya kali ini ๐Ÿ˜€

Pos ini dipublikasikan di Berita Unik, Informasi, Internet dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengertian Alexa

  1. caiwardana berkata:

    terima kasih gan sangat bermanfaaat bagi saya tentang alexa rank jadi tambah ngerti

    Suka

Tinggalkan komentar