Pengertian Dari HTML

Selamat Datang Semua Di Blog Taufiq Rahman Apakabar Semua? 🙂 Semoga baik dan sehat ya, Di kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel kepada anda semua yaitu ” Pengertian Dari Html ” Semoga artikel yang akan saya tulis dan saya bagikan kepada anda dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk anda 🙂 Silahkan Dibaca

Di artikel yang akan saya bagikan kepada anda ini akan membahas mengenai bahasa pemrograman komputer, dan saya akan membagikan mengenai HTML, Sebelumnya saya juga sudah membagikan beberapa artikel seperti Pengertian Algoritma , Cara Menghapus Virus Dari Komputer Dan Pengertian Stellar Sekarang saya membahas HTML, Selamat membaca 😀

Apasih HTML itu ? HTML adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman untuk komputer. HTML ialah sebuah bahasa sistem modern untuk menandai suatu dokumen yang mempunyai kegunaan yaitu untuk membuat suatu website, Selain untuk membuat suatu website, HTML juga berguna untuk menampilkan segala informasi mengenai web tersebut kepada pengunjung web itu.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai HTML, saya akan memberitahu apa singkatan dari HTML itu sendiri, HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language. Format dari HTML ini biasanya ditulis dengan ASCII, Dahulu HTML mempunyai nama SGML tetapi sekarang sudah berganti menjadi HTML.

HTML Logo

HTML merupakan suatu bahasa pemrograman yang umum untuk menampilkan halaman utama atau halaman index dari sebuah website. Bahasa Pemrograman HTML ini sekarang adalah sebuah bahasa pemrograman yang standar dan digunakan untuk para pengguna HTML oleh WWW (World Wide Web) Bahasa Pemrograman HTML ini dirancang dan dibuat oleh Berners Lee Robert dan Calliau Tim, mereka berdua adalah ahli komputer di dalam bidang sains untuk komputer.

HTML adalah bahasa pemrograman buah maupun sekumpulan data. HTML merupakan kumpulan kode-kode dan juga script untuk membuat browser membuka dan menampilkan sebuah situs yang ingin dibuka sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna html, HTML pun bisa dikenali dengan aplikasi ataupun software yang bisa membuka browser. HTML sebenarnya hampir mirip dari teks atau huruf biasa, akan tetapi yang membedakan html adalah teks atau tag tertentu yang apabila dibuka atau di klik oleh seseorang akan mengarahkan browser orang tersebut kepada tampilan HTML yang dia buka. Dan saya juga akan membagikan kepada anda sejarah dari Bahasa Pemrograman HTML ini.

Sejarah Dari HTML Sebagai Berikut :

  • Pada Tahun 1980 Sekitar Bulan Februari, Perusahaan IBM sedang memikirkan bersama para staff dan para pekerja nya untuk membuat sebuah dokumen yang dapat membuat pembaca dokumen itu bisa mengenali semua elemen dari beberapa elemen yang terdapat di dokumen tersebut. Lalu setelah memikirkannya bersama para pekerja dan juga staff nya, Perusahaan IBM mulai membuat dan mengembangkan salah satu dari sekian bahasa pemrograman yang ada yaitu HTML, Bahasa ini saling menggabungkan huruf, kalimat maupun teks dari beberapa perintah untuk pemformatan sebuah dokumen yang ada. Dan bahasa yang sedang dikembangkan ini adalah Bahasa Markup atau Markup Language, Bahasa Markup Language ialah suatu bahasa yang mempergunakan satu atau beberapa tanda untuk dijadikan basis nya. Perusahaan IBM ini menamakan bahasa yang sedang dikembangkan ini dengan nama GML (Generalized Markup Language).
  • Di Tahun 1986 kemudian, ISO telah menyatakan bahwasannya IBM mempunyai sebuah konsep yang diambil dari suatu dokumen yang sangat baik. ISO mengganti nama GML menjadi SGML. Dan sampai sekarang SGML sudah diganti lagi menjadi HTML.

Memang sangatlah benar bahwa Bahasa Pemrograman HTML ini sangat memudahkan untuk sebuah perusahaan ataupun perseroan dan para pengguna internet untuk mereka yang ikut menggunakan WWW atau World Wide Web. Sekarang saya juga akan membagikan beberapa kegunaan dari Bahasa HTML, Yaitu :

  • Bahasa Pemrograman HTML dapat dan bisa membuat suatu pranala, Pranala ialah sebuah dasar dan titik acuan dari sebuah dokumen yang bersifat Hypertext.
  • Bahasa Pemrograman HTML dapat Mengintregasikan suatu atau sebuah gambar kedalam suatu tulisan.
  • Bahasa Pemrograman HTML juga dapat membuat formulir interaktif yang dibuat oleh seseorang penggunanya.
  • Bahasa Pemrograman HTML pun dapat menyatukan sebuah file atau berkas rekaman gambar secara hidup maupun sebuah file suara.

Itulah 4 kegunaan dari HTML, Dan ada 1 hal mengenai HTML yang membuat bahasa pemrograman ini menjadi unik dan menarik, yaitu didalam bahasa html memiliki Bahasa Komunikasi diantara komputer yang berbeda-beda. Didalam HTML juga terdapat beberapa tanda sebagai berikut :

  • Tanda Head, Tanda Head adalah tanda yang berguna memberi suatu tanda kepada sebuah website.
  • Tanda Body, Tanda ini merupakan tubuh dari sebuah dokumen yang berdasarkan dan menggunakan Bahasa Pemrograman HTML yang bertujuan untuk menyisipkan suatu informasi dari sebuah website.
  • Tanda Atribut, Tanda ini adalah tanda untuk membuat karakter dari suatu paragraf.

Itulah 3 tanda dari beberapa tanda lainnya untuk Bahasa pemrograman HTML, dan di artikel ini juga saya akan membagikan dan memberitahu anda mengenai Sejarah dari Versi-versi HTML. Diantaranya sebagai Berikut :

  1. HTML 2, Dibuat di tahun 1994 dan disetujui di tahun 1995.
  2. HTML 3, Diresmikan dan disetujui pada tahun 1996.
  3. HTML 4, Disetujui pada tahun 1997 dan 1999.
  4. HTML ISO/IEC, merupakan HTML yang masih berdasar dan hampir sama dengan HTML 4.
  5. HTML 5, merupakan HTML termodern di era sekarang ini, HTML 5 ini disetujui di Tahun 2010.

itulah kelima sejarah dari versi-versi HTML, dan sekaligus mengakhiri dan menyudahi artikel saya kali ini 🙂 Sekian dari saya untuk artikel saya yang kali ini mengenai Bahasa Pemrograman HTML. Silahkan anda baca pula Pengertian Dari Sistem  Dan Pengertian SSH Jaringan

Baca Artikel Menarik lainnya secara lengkap dari Daftar Isi Blog  😉 Terimakasih kepada anda telah membaca artikel saya yang kali ini 😀 Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan,kritik maupun saran 🙂

Pos ini dipublikasikan di Cyber, Informasi, Internet, Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar