Pengertian DMCA

Selamat sore 🙂 Selamat Datang di Blog Taufiq Rahman, Kali ini saya akan menulis artikel spesial untuk anda. Mengapa Spesial ? Karena ini adalah artikel ke 31 dari Blog Taufiq Rahman 😀 Artikel yang akan saya tulis kali ini berjudul ” Pengertian DMCA ” Silahkan dibaca dan semoga artikel yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua 🙂

Sebelum artikel ini saya juga telah membagikan artikel yang berjudul Download Game Indonesia dan juga Tutorial Cara Carding untuk Pemula kali ini saya membagikan Pengertian dari DMCA. Tentu para pengguna blog sudah mengetahui arti dari DMCA, namun untuk yang bukan pengguna blog atau bagi pengguna blog yang masih belum tahu apa arti dari DMCA itu, di Artikel yang satu ini akan saya perjelas pengertian beserta definisi dari DMCA itu. DMCA adalah sebuah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act, atau jika di terjemahkan dan di artikan ke dalam bahasa indonesia berarti Hukum dari suatu Hak Cipta yang dilindungi oleh Amerika Serikat dengan melaksanakan perjanjian dari WIPO, Wipo ialah sebuah singkatan dari World Intelectual Property Organization. DMCA secara resmi dibentuk dan diresmikan pada 1998 yaitu pada 12 Oktober 1998. DMCA merupakan sebuah perusahaan yang melindungi semua kategori dari Hak Cipta, DMCA dibentuk untuk menghapus para pelanggar hak cipta, yaitu para pemilik blog yang suka menyalin artikel dari blog lain. DMCA melindungi segala dan semua konten beserta artikel dari suatu blog yang telah mempunyai Lencana DMCA dan telah mempunyai akun DMCA. DMCA akan membantu menghapus suatu situs atau blog yang melakukan tindakan menyalin artikel yang telah dilindungi oleh Hak Cipta dan Juga dilindungi Oleh DMCA. DMCA merupakan salah satu produk dari Google, Yaitu Google DMCA Takedown. 

DMCA membuat para pengguna blog yang suka menyalin artikel dihapus dari Google atau dengan kata lain Situs atau Blog tersebut ditangguhkan oleh Google dan tidak ada yang dapat membuka / mengakses situs tersebut. Oleh karena itu DMCA memberikan dampak positif untuk pengguna blog yang tidak suka menyalin suatu artikel. DMCA juga memberikan Dampak Keamanan bagi suatu pengguna blog. DMCA juga membuat para pengguna blog yang telah mempunyai Hak Cipta tidak khawatir jika ada pengguna blog lain yang menyalin suatu artikel dari Blog dia, Karena dengan otomatis DMCA akan menghapus Blog tersebut. 

DMCA

Sudah banyak pengguna blog yang menyalin artikel kepada blog lain dan keesokan harinya blog dia menjadi sasaran DMCA untuk ditangguhkan atau Dihapus secara permanen. Banyak pakar blog yang sangat senang dengan adanya DMCA ini. karena blog mereka tidak akan ada yang berani mengambil artikel nya. Bagi anda yang ingin mempunyai akun dmca untuk melindungi situs atau blog anda pada artikel saya kali ini saya juga akan membagikan cara membuat akun dan cara memasang dmca di situs atau blog anda. Berikut adalah Cara Pasang DMCA :

  1. Buka situs resmi dari DMCA
  2. Lihat di Tab atas halaman situs nya kalimat ” Create My Own Certificate “
  3. Setelah itu anda akan diberikan dua pilihan yaitu melindungi situs anda dengan DMCA gratis (Basic Free) atau jika anda mempunyai uang berlebih anda bisa gunakan DMCA Profesional (DMCA Pro) 
  4. Lalu anda pilih salah satu dari kedua pilihan tersebut dan anda klik salah satu pilihan anda.
  5. Lalu lihat di sebelah kanan halaman situs dmca nya ” Register Your Protection Badge “
  6. Lalu anda masukkan identitas anda di formulir ” Register Your Protection Badge ” Tadi dengan Nama Anda, Nama Situs/Blog anda dan Alamat Email anda.
  7. Tunggu proses memuat/loading nya selesai dan anda cek alamat email anda, Anda akan dikirimkan sebuah email dari DMCA yang berisi tentang pengonfirmasian akun DMCA anda dan juga kata sandi akun DMCA anda.
  8. Setelah anda mendapatkan email masuk dari DMCA langkah selanjutnya ialah anda login/masuk dengan akun dmca anda dan dengan kata sandi dmca anda, lakukan login akun anda di LOGIN DMCA
  9. Lalu setelah login, anda buka Add DMCA Badge
  10. Setelah itu anda lihat Lencana/Badge DMCA disitu dan anda pilih salah satu Badge nya kemudian anda pasang di situs / blog anda untuk mengamankan blog anda ke DMCA.
  11. Setelah itu selesai sudah, Blog atau situs anda telah resmi dilindungi oleh DMCA.

Jika anda tidak mengerti dan tidak tahu cara memasang script badge DMCA kedalam situs atau blog anda, di kesempatan kali ini saya akan memberitahu anda. Cara Memasang DMCA Badge Dibawah ini :

  • Cara Pasang DMCA Badge untuk Blog dari Blogspot.

1. Login Ke akun Blogger/Blogspot anda.

2. Kemudian anda pilih situs anda yang ingin anda pasang Badge DMCA.

3. Dan lihat Dasbor situs anda tersebut, cari Tata Letak.

4. Dan Kemudian anda klik Tata Letak Tersebut dan anda pilih Tambahkan Teks Atau JavaScript.

5. Setelah itu salin semua script Badge DMCA tadi lalu anda tempelkan di Kolom Teks Atau JavaScript tadi.

6. Setelah itu anda simpan perubahan, dan Blog anda di Blogspot sudah dilindungi oleh DMCA.

  • Cara Pasang DMCA Badge di WordPress.

1. Login ke akun WordPress anda.

2. Lalu anda pilih ‘ Dasbor Blog ‘

3. Lalu anda Pilih Tampilan dan Selanjutnya anda pilih Widget.

4. Setelah itu anda tambahkan Teks/Script disitu. Anda Salin Script DMCA Badge tadi kemudian anda tempelkan di Teks/Script yang ada di Widget Blog WordPress anda.

5. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan, dan Blog di WordPress anda sudah dilindungi oleh DMCA.

Itulah tadi Pengertian Dari DMCA, Cara Pembuatan Akun DMCA dan Cara Pemasangan DMCA Badge kedalam blog anda, Sekian dari saya untuk artikel saya di kesempatan kali ini 🙂 Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda 🙂 Anda juga dapat membaca artikel yang berjudul Aplikasi Hack Wifi Terbaru dan Cara Hack Instagram Terbaru

Terimakasih Telah membaca artikel saya yang kali ini 🙂 Baca Artikel unik dan menarik lainnya di Daftar Isi Blog 😀

Jika ada yang belum mengerti atau ada Kritik maupun Saran, silahkan berkomentar 🙂

 

Pos ini dipublikasikan di Cyber, Informasi, Internet, Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar